Sabtu, 20 Agustus 2011

Kehilangan,

Arti sebuah kehilangan,
siapapun dia, jika sedang merasakan kehilangan maka ia takan sanggup untuk menahan rasa sedih dalam hatinya. ada sesuatu yang kurang, ada sesuatu yang kosong dalam hidupnya.

bagaimana rasanya?
sakit rasanya bagi yang tidak ikhlas menghadapinya, tapi manis rasanya bagi yang kuat dan ikhlas menerimanya. tapi diantara kedua kata ini sangat beda tipis, biasanya hati lebih condong ke arah tidak ikhlas. tinggal membutuhkan waktu untuk menemukan kata ikhlas.

bagaimana menyikapinya?
berbagai kemungkinan akan terjadi disaat kita kehilangan, termasuk perasaan yang sulit dikuasai. mencurahkan perasaan salah satu bentuk sikap yang dapat meredakan rasa kehilangan, melakukan hal yang positif salah satu bentuk usaha dalam mengisi kekosongan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT merupakan tindakan yang tepat dalam rangka menyusun kembali hati yang hancur, jiwa yang kosong setelah diterpa rasa kehilangan.

yang perlu diwaspadai?
jangan menularkan rasa kehilangan kepada orang lain. sakit hati dan perasaan yang tidak stabil setelah kehilangan biasanya akan mencari celah atau pegangan untuk bersandar kepada orang lain. ini sangat rentan, karena ketika jiwa kita sudah stabil, perasaan sudah kembali normal maka orang yang menjadi sandaran disaat kita memulihkan rasa kehilangan bisa jadi tidak berati apa-apa dimata kita, pikirkanlah ini dapat menularkan rasa kehilangan pada orang lain. ( ini bisa juga disebut pelarian). kuasai diri, karena kehilangan dapat menimbulkan rasa tidak berdaya, lemah, hati terasa hancur, yang dapat mengarahkan tindakan memusnahka diri sendiri.


lalu apa lagi ?
kehilangan baiknya kita sikapi dengan tenang, walau hati sakit dan panas, yakinlah semua akan kembali normal, karena kita harus sadar segala sesuatu tidak ada yang abadi, dan suatu saat akan kembali dan lepas dari diri kita, karena pada dasarnya semua itu memang bukan milik kita.

kata terakhir,
saya, anda, tua, muda, siapapun orangnya, yakinlah bahwa kehilangan bukan akhir dari segalanya, karena setiap sesuatu yang hilang pasti ada gantinya, tentunya sudah di pastikan akan mendapatkan ganti yang lebih baik dari yang sebelumnya. "Semoga!



0 komentar: